MONITORING

Harga Minyak Bisa Memanas Lagi

Harga minyak mentah dunia terus menguat sejak awal pekan ini seiring dengan melemahnya nilai tukar dolar AS. Harian Kontan mengutip Bloomberg melaporkan, data stok minyak AS yang menyusut turut menopang pergerakan harga. Kamis pukul 17.28 WIB, harga minyak WTI kontrak pengiriman Juni 2016 di New York Stok Merchantile Exchange menguat 0,15 persen menjadi US$45,4 per barel dibanding sehari sebelumnya. Dalam sepekan terakhir, minyak menanjak 5,14 persen.

Elnusa Membidik Bisnis Pembangkit

Perusahaan jasa penunjang migas, PT Elnusa Tbk akan fokus melakukan diversifikasi bisnis tahun ini. Meraka sedang menjajal bisnis pembangkit listrik dan bisnis jasa survei seismik. Upaya tersebut dilakukan lantaran bisnis pengeboran dan penyewaaan rig migas sedang lesu. Direktur Utama Elnusa Tbk Tolingul Anwar, dikutip harian Kontan mengatakan pihaknya akan memanfaatkan gas buang atau flare gas dari kilang LPG dan LNG yang dikelola oleh KKKS migas untuk menjalankan bisnis pembangkit. Sementara untuk bisnis jasa survei seismik yang sedang menanjak, Elnusa telah membeli kapal selam seismik baru yang akan mulai beroperasi pada kuartal III-2016.

Siapkan Desain, Kreasindo Akan Selesaikan Izin ESDM

Proyek Kilang Situbondo berkapasitas 150.000 barel per hari yang akan dibangun PT Kreasindo resources Indonesia (KRI) terus berjalan. Proyek senilai US$ 5 Miliar tersebut kini memasuki rancangan desain atau front end engineering design (FEED). Direktur Utama KRI Rudi Radjab dikutip harian Kontan mengatakan, pihaknya sudah memenuhi syarat-syarat pembangunan kilang di Situbondo. Namun demikian, meski sudah mendaftarkan rencana investasi ke BKPM, Kreasindo mengaku belum menyelesaikan perizinan kepada Kementerian ESDM.

Chevron Paling Banyak Rencana Investasi

SKK Migas menyetujui 18 rencana pengembangan lapanagan minyak dan gas bumi untuk periode Januari-April 2016. Kepala Humas SKK Migas, Taslim Z. Yunus melaporkan, total investasi yang disetujui sebesar US$ 1.496 miliar atau sekitar Rp 19,5 triliun. Sebanyak 16 lapangan migas yang dimaksud berada di wilayah barat, dan dua di wilayah timur. Harian Kontan mencatat persetujuan investasi terbesar untuk Chevron di Rokan, dengan jumlah 13 lapangan. Namun pihak saat dikonfirmasi, Chevron tidak berkomentar tentang hal ini.

Industri Pengolahan Bertenaga

Industri pengolahan yang menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi domsetik kembali bertenaga terutama ditunjang oleh kebangkitan sektor batu bara dan pengilangan migas serta mesin dan pelengkapnya. Harian Bisnis Indonesia melaporkan, industri pengolahan migas yang dalam setahun terakhir menjadi batu sandungan berhasil tumbuh 5,59 persem, dari kinerja negatif pada kuartal pertama tahun lalu.

Arab Saudi Copot Dua Pejabat Penting

Pemerintah Arab SAudi mengganti jajaran birokrasi di sejumlah posisi strategis. Harian Kontan mengutip Bloomberg melaporkan, negara penghasil minyak mentah terbesar di dunia itu mencopot Fahad Al Mubarak dari posisi Bank Sentral, serta Ali Al Naimi dari jabatan Menteri Perminyakan. Posisi Ali digantikan Khalid Al Falih, yang sebelumnya menjabat sebagai chairman Saudi Aramco. Khalid merupakan orang dekat keluarga kerajaan, khususnya Deputi Pangeran Mohammed bin Salman.

Anak SUGI Klaim Masih Mampu Bayar Utang

PT Sugih Energy Tbk. menilai anak usahanya Petroselat Ltd masih mampu menyelesaikan kewajiban kepada PT Richland Logistics Indonesia dan PT Sentosasegara Mulia Shipping. Direktur Sugih Energy Rachmi Zarkasi dikutip harian Bisnis Indonesia menyayangkan permohonan kepailitan yang diajukan oleh kedua mitra usahanya tersebut. Menurut dia, operasional usaha Petroselat masih terus berjalan dan memiliki prospek yang bagus. Petroselat menjadi operator blok Selat Panjang yang berlokasi di Riau, dengan kepemilikan saham 50 persen oleh SUGI, dan sisanya dikuasai PetroChina International Selat Panjang Ltd.